Apresiasi Wamenekraf demi gim lokal makin dikenal

Ibukota Indonesia – Wakil Menteri Perekonomian Kreatif/Wakil Kepala Badan Kondisi Keuangan Kreatif (Wamenekraf/Wakabekraf) Irene Umar mengapresiasi pengaktifan Global Game Jam (GGJ) 2025 serta menyokong gim buatan lokal untuk mendunia.
"Ini sesuatu yang sangat spesial. Saya tahu persis seperti apa para pejuang ekraf yang digunakan memiliki kepintaran terhadap gim sanggup menumbuhkan semangat lebih banyak besar untuk menghasilkan sistem gim lokal makin dikenal,” ujar Wamenekraf Irene pada informasi pers yang digunakan diterima, hari terakhir pekan (24/1).
Wamen Irene menyatakan telah bukanlah zamannya lagi memandang gim sebagai kegiatan yang digunakan membuang-buang waktu, justru dewasa ini bursa gim, apalagi buatan lokal, harus didorong untuk mendunia.
Dalam kunjungan kerjanya itu, Wamenekraf Irene didampingi Kasubdit Pemasaran serta Komersialisasi Gim Kemenekraf Iman Argiyono. Wamenekraf Irene mengatakan Negara Indonesia setiap saat dilihat sebagai market yang dimaksud sangat besar untuk pengembangan gim ke depan. Gim-gim lokal harus mulai diciptakan sehingga biosfer berkembang serta makin kuat dari sisi kreativitas dan juga pengembangan tanpa batas.
Kemenekraf sangat menggalang subsektor ekraf gim dengan penempatan game corner ke Bandara Soekarno-Hatta serta pengalaman menyenangkan bermain PlayStation ketika berubah menjadi tamu ke Artotel yang digunakan berubah menjadi alternatif pilihan pada waktu liburan.
"Main gim itu sanggup melatih fokus. Hal ini waktunya kita bisa jadi showcase buat gim lokal agar banyak warga yang mau main gim. Global Game Jam 2025 berubah jadi acara bareng yang digunakan seru untuk share ide tentang gim yang akan dibuat prototipenya dan juga regenerasi talenta kreatif dari area akan datang berkembang. Dari sini, dunia usaha kreatif berkembang lalu sanggup jadi penggerak bangsa," imbuh Wamenekraf Irene.
GGJ merupakan event tahunan berskala global yang dimaksud mempertemukan para pengembang gim dari beragam latar belakang untuk menciptakan gim di waktu terbatas selama 48 jam. Audien akan membentuk grup dengan tema yang dimaksud ditentukan.
Rangkaian acara dimulai dari matchmaking hingga berakhir prototyping. Tahun ini, GGJ dilaksanakan di dalam 12 kota, termasuk Bogor.
GGJ 2025 berubah menjadi turnamen seperti hackathon untuk mencari prospek game developer kemudian membuka potensi pengembangan gim lokal dalam Bogor.
Para kontestan akan kolaborasi untuk tukar ilmu dan juga pengalaman terkait gim lokal juga harus menyebabkan gim pada waktu singkat sesuai tema yang diusung tahun ini yaitu BUBBLE.
Pada momen inisiasi GGJ juga dikerjakan serah terima katalog atau buku terkait kemungkinan gim lokal yang mana akan membuka subsektor kegiatan ekonomi kreatif khususnya pengembang permainan untuk menciptakan gim berkualitas.
Rispiaga sebagai Kepala Lingkup Industri Peluang Usaha Pariwisata Provinsi Jawa Barat menyatakan harapannya para komunitas atau kontestan yang tersebut terlibat Global Game Jam 2025 sanggup semangat setelahnya dapat insight baru dari Wakil Menteri Perekonomian Kreatif yang tersebut berpengalaman pada pengembangan gim lokal.
"Ini sebagai bentuk aktivasi dengan konsep pentahelix untuk mengembangkan sektor gim dalam Indonesia. Apalagi acara ini diwujudkan ke Bogor Creative Center yang juga dikelola segera oleh komunitas sehingga semua pihak dapat berkolaborasi memperluas jejaring serta mendapat pengalaman berharga," katanya.
Artikel ini disadur dari Apresiasi Wamenekraf demi gim lokal makin dikenal